Senin, 14 Juli 2014

UAS KIMIA ORGANIK II (BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM)


UAS KIMIA ORGANIK II


NAMA                                   : Ayu Rizky Nanda
NIM                                       : A1C112007
DOSEN PEMBIMBING      : Dr.Drs.Syamsurizal, M.si
KELAS                                   : KIMIA REGULER 2012

1.    Jelaskan kemungkinan terbentuknya ikatan rangkap 3 pada lemak tak jenuh / minyak!

Jawab :
Gambar asam lemak tak januh
Kemungkinan terjadinya ikatan rangkap tiga adalah dengan dua tahap yaitu tahap halogenasi dan tahap dehidrogenasi.
Pada tahapan halogenasi asam lemak tak jenuh ditambahkan dengan Br2 ,  dimana ikatan Br-Br akan menyerang C, yang akan menyerang C adalah Br (δˉ) . karena Br bersifat nukleofilik sehingga H akan tergantikan dengan H Setelah H lepas dari atom C, atom H langsung berikatan dengan Br(δ+) dan menghasilkan senyawa HBr. Inilah tahap pertama yaitu tahap reaksi Halogenasi pada lemak tak jenuh. seperti gambar dibawah ini :


Kemudian Tahap yang kedua adalah reaksi Dehidrogenasi. Hasil dari halogenasi ditambah dengan KOH, atom K pada KOH akan menyerang atom Br dan itu mengakibatkan rantai dari atom Br tadi putus dan bertumpang tinggi pada atom C sehingga ikatan C yang awalnya rangkap 2 menjadi rangkap 3 dikarenakan Br terputus. Dan otomatis setelah ikatan C menjadi rangkap tiga, C yang mengikat atom H akan tidak stabil dikarenakan memiliki 5 tangan sedangkan seharusnya C akan stabil bila memiliki 4 tangan. Sehingga atom H akan diputuskan agar C pada lemak tak jenuh ini stabil. Terbentuk lah ikatan rangkap tiga pada lemak tak jenuh, kemudian H yang terputus tadi akan berikatan dengan OH menjadi air (H2O). digambarkan seperti ini :



2.      Jelaskan bagaimana proses penyabunan dengan menggunakan pelarut organic bebas air!
Jawab :
Caranya yaitu mnggunakan pelarut organic, seperti : bahan kimia solvent yg biasa digunakan dalam Dry Cleaning. Salah satu yg cukup terkenal di Indonesia adalah solvent bernama PCE atau bahasa ilmiahnya Tetrachloroethylene.
Namun dibeberapa negara, solvent lain seperti Glycol ethers, Hydrocarbon, Liquid silicone D5, Modified hydrocarbon blends dan Liquid CO2 juga kerap digunakan untuk proses dry cleaning
tergantung dari peralatan dan mesin yang digunakan.
Ada beberapa cara yakni :
Dry Cleaning Paket Hemat Memakai Steamer
 

Tehnik laundry dry cleaning berikut ini adalah alternative cara untuk dry cleaning tanpa menggunakan mesin dry cleaning yang biasanya cukup mahal harganya. Pada dasarnya, tehnik ini menggunakan standing/vertical steamer (mesin uap) yang sering kita lihat penggunaannya di toko-toko baju.

Peralatan yang dibutuhkan dalam Dry Cleaning Menggunakan Steamer ini adalah:
1. Mesin Steamer (lihat gambar dibawah)
2. Bahan Kimia Laundry khusus buat dry cleaning (Dry Clean Spotter dan Perchloroethene (PCE) )
3. Peralatan Spotting (sikat halus, coin)



Langkah-langkah dry cleaning pakai steamer:
  1. Siapkan mesin steamer (panaskan dulu mesin steamernya sampai uap keluar dengan baik).
  2. Lakukan Spotting. Proses spotting adalah untuk menghilangkan noda-noda berat. Cari titik-titik noda pada pakaian yang akan anda dry clean secara individual (satu-satu) dan anda spotting kotorannya dengan menggunakan kimia laundry spotter dan sikat halus atau coin.
  3. Lakukan spraying. Proses ini adalah menyemprotkan kimia laundry dry cleaning Perchloroethene atau disingkat atau PCE keseluruh bagian pakaian khususnya bagian yang sering mengeluarkan keringat seperti bagian lengan atau ketiak. Untuk Jas atau pakaian yang memakai lapisan dalam (puring) semprotkan juga PCE ke bagian dalamnya dan setelah smua merata tunggu beberapa saat (1 menit) agar PCE bekerja dengan baik.
  4. Lalukan Steaming. Ambil alat steamer dan steam seluruh bagian pakaian dalam dan luar hingga pakaian menjadi licin dan rapi
Dry Cleaning Menggunakan Mesin Dryer


Bagi anda yang memiliki mesin pengering (dryer), anda bisa melakukan Dry Cleaning tanpa menggunakan mesin dry cleaning khusus. Tehnik ini pada dasarnya adalah untuk mendry clean pakaian sekaligus dengan menggunakan produk khusus yg dijual dipasaran yg dikenal dengan nama dry cleaning sheet.

Produk dry cleaning sheet yg bisa anda temukan di pasaran adalah seperti ini:


Cara kerja dry cleaning sheet:
Dalam penggunaanya, dry cleaning sheet ini dimasukan kedalam mesin dryer (tumble dryer) beserta pakaian yang akan di dry cleaning. Saat mesin dryer bekerja,maka dry cleaning sheet akan bercampur aduk dengan pakaian dan kimia (chemical) yg terkandung didalamnya akan tersebar dan bekerja untuk mengangkat kotoran yg ada didalam pakaian.



Namun, proses ini biasa dilakukan pada rumah tangga alias biasanya dilakukan sendiri untuk dirumah.

Lalu bagaimanakah cara mendry clean menggunakan mesin dryer untuk laundry?

Singkat cerita, produk kimia laundry untuk
dry cleaning yg ada dipasaran umumnya adalah PCE (Perchloroethene). Nah produk ini bisa digunakan dalam dry cleaning menggunakan mesin dryer. Cara applikasinya sangat mirip dengan penggunaan dry cleaning sheet yang kita bicarakan diatas.

Cara dry cleaning menggunakan tumble dryer yaitu:
  1. Potong-potong kain tebal ukuran 10 x 10 cm dan basahi kain tebal tersebut dengan kimia laundry PCE. (ini seperti membuat dry cleaning sheet sendiri).
  2. Masukan pakaian yang akan di dry cleaning ke mesin dryer.
  3. Masukan 2-3 lembar kain tebal yang sudah di basahi dengan PCE ke mesin dryer.
  4. Atur temperatur pada suhu rendah (low heat - medium heat) dan putaran mesin sesuai bahan pakaian yang akan di dry cleaning. Lakukan dry clean ini selama (5-15 menit).
  5. Keluarkan pakaian setelah proses dry cleaning ini selesai dan gantung di hanger.
  6. Gunakan steamer untuk melicinkan dan merapikan pakaian yg telah di dry clean.


3.    Bagaimana cara kerja lidah (indra pengecap) sehingga menimbulkan cita rasa manis contohnya pada fruktosa!

Jawab :
Lidah adalah organ pengecap atau kemoreseptor. Disebut  Kemoreseptor karena peka dan mampu menerima rangsangan berupa zat kimia berupa larutan. Yang dimaksud dengan Reseptor adalah kuncup-kuncup pengecap (taste buds)pada permukaan lidah, didalam proses perasa dan pengecapan ini indera penciuman ikut berperan dalam persepsi pengecapan. Indera penegecapan memungkinkan kita untuk merasakan tekstur makanan lembut atau kasar, zat-zat yang terkandung dalam makanan , serta rasa makanan itusendiri.
Kuncup-kuncup pengecap ini ada ynag tersebar da n ada pula yang berkelompok dalam tonjolan-tonjolan epitel, yang disebut dengan papilla. Terdapat 4 macam papilla yakni :
1.      Papilla foliate terdapat pada pangkal lidah bagian lateral atau bagian samping
2.      Papilla fungiformis yang berbentuk seperti jamur  terletak pada bagian anterior atau didepan
3.      Papilla sirkumvallata berbentuk cincin melintang pada pangkal lidah, ketika papilla ini  mengandung kuncup pengecap
4.      Papilla filiformis, berbentuk seperti rambut dan merupkan papilla ynag paling banyak. Papilla ini terdapat pada bagian posterior yang lebih banyak berfungsi sebagai perasa sentuhan daripada pengecap.  Didalam  papilla ini terdapat kuncup-kuncup pengecapyang merupakan kumpulan ujung-ujung syaraf pengecap yang terhubung ke otak.
Lidah terbentuk oleh jaringan otot uang ditutupi oleh selaput lender yang selalu basah berwarna merah jambu. Di dalam mulut permukaan lidah terasa halus dan licin
Proses terjadinya rasa pada indera perasa
Pada saat dikunyah, makanan yang telah masuk ke mulut bercampr dengan air liur. Lalu, makanan yang sudah larut atau bersatu dengan air liur merangsang ujung-ujung syaraf ynag terletak pada kuncup-kuncup pengecap yang tersebar diseluruh permukaan lidah. Zat makanan yang berasal dari makanan kemudian masuk ke dalam pori-pori kuncup-kuncup pengecap bersama dengan air liur. Zat makana yang masuk akan menstimulasi ujung-ujung syaraf yang memiliki rambut atau Gustatory Hair. Dari sinilah rangsanganrasa ini kemudian diteruskan ke pusat syaraf  pengecap yang berada di otak. Selanjutnya, otaklah yang menanggapi rasa tersebut. Sehingga kita dapat merasakan manis, asam, asin, pahit, dll
Untuk membedakan rasa makanan, lidah kita memiliki fungsi pengecap rasa yang berbeda-beda:
1.      Pada kuncup pengecap manis dan asin  berada  pada Ujung lidah merasakan
2.      Kuncup pengecap asam berada pada sisi lidah
3.      Kuncup pengecap pahit berada pada bagiann belakang lidah  

Jika kita makan yang memiliki rasa manis dan pahit sekaligus maka yang akan terasa terlebih dahulu rasa manis dan terakhir pahit
Rasa yang dikena lidah terdiri atas 4 rasa yaitu
1.      Pahit, yang ditimbulkan oleh alkaloid tumbuhan. Alkaloid ialah zat-zat organic yang aktif dalam kegiatan fisiologi yang terdapat dalam tumbuhan. Contohnya: kina, kafein, nikotin, morfin dan lain-lain. Dan juga banyak dari zat-zat ini bersifat racun
2.      Asin, ditimbulkan dari unsur Na+, K+, dan Ca+
3.      Manis, ditimbulkan oleh gugus OH- dalam molekul organic. Gugus ini terdapat pada gula, keton, dan asam amino tertentu
4.      Asam , ditimbulkan oleh ion H+

Sedangkan lidah dapat merasakan manis Fruktosa karena fruktosa adalah ketoheksosa yang memiliki gugus OH- yang mempunyai sifat memutar cahaya terpolarisasi ke kiri dan karenanya disebut juga levulosa.

Fruktosa mempunyai rasa lebih manis dari pada gula tebu atau sukrosa.
Fruktosa murni rasanya sangat manis, warnanya putih, berbentuk kristal padat, dan sangat mudah larut dalam air. Fruktosa ditemukan pada tanaman, terutama pada madu, pohon buah, bunga, beri dan sayuran. Di tanaman, fruktosa dapat berbentuk monosakarida dan/atau sebagai komponen dari sukrosa. Sukrosa merupakan molekul disakarida yang merupakan gabungan dari satu molekul glukosa dan satu molekul fruktosa. Monosakarida dan oligosakarida serta poli alkohol lainnya umumnya memiliki rasa manis. Sukrosa memiliki rasa manis dan terasa nyaman di lidah kita, walaupun kita menggunakannya dalam konsentrasi tinggi.


4.      Jelaskan hubungan hormone oksitosin dengan gelombang signal alpha dan teta yang dikeluarkan oleh otak !

JAWAB :
Hormon Oksitosin (Oxytocin) atau yang dikenal dengan hormone cinta. Oksitosin merupakan hormon yg juga bertindak sebagai neurotransmitter di otak. Pada manusia, oksitosin biasanya dihasilkan pada saat dua manusia saling berpegangan, saling menyentuh, atau pada saat berhubungan intim.
Pada wanita, pelepasan oksitosin dalam jumlah besar terjadi beberapa saat setelah masa persalinan dan pada masa stimulasi puting susu oleh bayi. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi kelahiran dan menyusui bayi yg lahir.
Oksitosin dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis yg ada di otak. Secara umum, oksitosin mempunyai fungsi dalam pengendalian gairah seksual, sistem koordinasi, memfasilitasi kelahiran bayi, memberikan rasa kepercayaan diri dan mengurangi rasa takut, memengaruhi kemurahan hati dengan meningkatkan empati, pengontrolan toleransi terhadap obat adiktif meningkatkan perasaan cinta, empati, dan koneksi kepada orang lain, serta masih banyak lagi.

Hubungan dengan Gelombang alpha terjadi pada saat kita melakukan kreativitas, relaksasi, dan visualisasi dengan gelombang (8-13,9 Hz) dan gelombang Theta terjadi pada saat kita melakukan Relaksasi mendalam, Meditasi, Peningkatan Memori dengan gelombang (4-8 Hz). Pada saat gelombang alpha dan theta inilah hormone oksitosin bekerja karena  Oksitosin dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis yg ada di otak. Secara umum, oksitosin mempunyai fungsi dalam pengendalian gairah seksual, sistem koordinasi, memfasilitasi kelahiran bayi, memberikan rasa kepercayaan diri dan mengurangi rasa takut, memengaruhi kemurahan hati dengan meningkatkan
Gelombang Alpha: Kreativitas, Relaksasi, Visualisasi
Gelombang otak Alpha (8-13,9 Hz) sangat kontras dibandingkan dengan kondisi Beta. Kondisi relaks mendorong aliran energi kreativitas dan perasaan segar, sehat. Kondisi gelombang otak Alpha ideal untuk perenungan, memecahkan masalah, dan visualisasi, bertindak sebagai gerbang kreativitas kita.
CONTOHNYA : Anda sedang duduk diam di dekat pantai sambil mendengar deburan ombak dan riak air yang rata-rata ada 10 suara setiap detik. Maka otak Anda akan merespon dengan memproduksi gelombang alpha dengan frekuensi sekitar 10 Hz sehingga Anda merasa rileks, santai dan damai. Pada sat inilah hormone oksitosin meningkat

Gelombang Theta: Relaksasi mendalam, Meditasi, Peningkatan Memori
Lebih lambat dari Beta, kondisi gelombang otak Theta (4-8 Hz) muncul saat kita bermimpi pada tidur ringan. Atau juga sering dinamakan sebagai mengalami mimpi secara sadar. Frekuensi Theta ini dihubungkan dengan pelepasan stress dan pengingatan kembali memori yang telah lama. Kondisi “senjakala” (twilight) dapat digunakan untuk menuju meditasi yang lebih dalam, menghasilkan peningkatan kesehatan secara keseluruhan, kebutuhan kurang tidur, meningkatkan kreativitas dan pembelajaran.
CONTOHNYA : Sambil beristirahat, Anda mendengarkan musik piano dengan 6 ketukan setiap detiknya, maka otak Anda akan memunculkan gelombang theta, yang mana hal ini akan membuat Anda sangat rileks dan otak Anda menjadi lebih kreatif. Ini juga dapat meningkatkan hormon oksitosin

5.             Jelaskan bagaimana sifat basa dapat dihasilkan oleh gugus OH pada sakarida (C12H22O11)!

Jawab :
Sifat basa pada gugus OH pada sakarida dapat dihasilkan dari struktur molekul sakarida itu sendiri banyak  terdapat gugus hidroksil (-OH-). Contohnya :




sakarida memiliki sifat basa karena seperti dalam teori asam basa, bahwa menurut Arhenius basa adalah senyawa yang memiliki gugus hidroksil dan melepaskan gugus hidroksil dalam larutan air.
Contohnya :
 

Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa sifat basa pada salah satu jenis dari karbohidrat yaitu sukrosa ini mengandung glukosa dan fruktosa. Fruktosa tersebut memiliki gugus OH- yang bersifat basa dan dapat menarik asam (gugus H+ ) pada glukosa. Lalu melepaskan gugus hidroksil dalam larutan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar